Selasa, 16 Desember 2014

Cerita Pita Part I: "Gara-Gara ODOJ"






Perkenalkan, nama gw Adit. Lengkapnya Aditya Nugraha. Kalo pake gelar lengkap, nama gw panjang. Sangking panjangnya, kalo dicetak di nametag dan ditempel pake peniti di atas saku, panjang nametag gw bisa mentok sampe ke ketek. Soalnya gelar akademik gw banyak,  sebab gw kuliah ngambil banyak jurusan. Selain ngambil hukum, gw juga ngambil komputer, makanya di rumah gw banyak banget komputer (garing...) Nama lengkap gw: Aditya Nugraha, M.Sg, MP3. MCk, MBer, MPang.


Dulu, perawakan gw seperti pendekar, pendek dan kekar. Sekarang ga lagi. Sekarang gw udah ga kekar, tapi tetep pendek. Sekarang, kalo naik taksi (kira2 lima tahun sekali lah gw naik taksi) pengen rasanya tuh perut w simpen di bagasi biar bisa duduk nyaman. Punya perut gendut emank susah. Mau BAB aja susah duduk, keganjel ama perut. Paling enak cuma dua: pas jalan sambil gendong anak, tinggal ditemplokin di atas perut, anak gw nyaman banget dikira lagi naik odong2. Satu lagi pas lagi sholat, soalnya sedekap tangan gw ga bakalan merosot sebab ketahan sama perut  (puas lu pada? Wahai orang2 langsing?)


Temen gw namanya ‘Arif, orang sunda. Karena  Z, F, Dz adalah fonem yang sulit diucapin oleh orang2 sunda. Maka dia dipanggil Arip. Padahal siapa yang  bilang urang sunda ga bisa ngomong ‘f’? Pitnah! ( <- plis deh lawakan ini udah sering banget). Orangnya putih, bebas jerawat. beda banget ma  gw. Gw item, berjerawat pula. Satu hari, jerawat gw numbuh di punggung, soalnya di muka udah ga ada tempat lagi..


Temen2 gw semua ganteng2. Ada Haidar, ada Patah, ada Gopal, Asep Mulyana, Herry, Arvin, Fazran,  Marwin, Wahyu botak, Malih, Bikit, Irham, Hunus, Yusup, Bias, Hamim, Riswan, Panto, Ajam, Nashor, Anshir,  Sigit Ganteng {*berdehem*}, dll., ada banyak, semuanya orang penting yg sangat sibuk, hansip2 semua di RT masing2. Penting banget! badan2 mereka atletis semua. Mukanya ganteng2. Sempurna. Apalagi yang namanya Gopal. Badangnya tinggi, atletis, kulitnya putih, dan bebas jerawat. (Note: cerita ini hanya fiktif!).


Sementara gw, kulit gw keriput, pake sejumlah cream masih aja keriput. Kata Gopal cara paling efektif utk hilangkan keriput kulit wajah adalah pake karet gelang. Maksudnya kulit wajahnya ditarik ke belakang, trus diiket pake karet di belakang muka. Et dah, dikira kulit gw kertas nasi kali. Sakit banget gw dengernya. Sakitnya tuh disini. (nunjuk puser).


Tapi gw bersyukur, tadinya gw anak metal. Kalo joget sukanya mental2. Tapi sejak gw ketemu Gopal, dunia itu udah gw tinggalin. Gopal ngajak gw ikut One Day One Juz (ODOJ), sebuah komunitas kebaikan. Dengan ODOJ, yang tadinya hati gw selalu resah dan gelisah, menunggu di sini, di sudut sekolah, (tempat yang kau janjikan. Ingin jumpa denganmu..walau mencuri waktu... asseik!) skrg hati gw lapang dan tenang. Soale hati gw udah dipenuhi oleh cahaya al-Quran. (Aamiin ya Allah)


Gw dan teman2 yang dikumpulin Gopal tadi akhirnya bikin grup, namanya PITA, sebuah komunitas independen. Tidak berafiliasi pada ormas tertentu, bukan bagian dari parpol manapun, apalagi raksasa bisnis, wong isinya orang2 kere semua), ga tau itu PITA singkatan apa. Mungkin singkatan dari Pria Tampan, atau Pangeran Idaman Tetangga Anda, atau Penganut Istri Tambah Atu (maksai), atau lain2. Dulu sih nama gank-nya adalah Partai Ikhwan Gaul, Cuma karena ga enak disingkatnya, jadi diganti. Jelaslah kita ga terima, enak aja kita dipitnah dengan nama kayak  gitu. Meskipun kita gemuk dan kulit kemerahan, gw ga sudi :p. Makanya dipilihlah nama PITA,. Pita artinya tali. Tali yang menghubungkan hati2 kita karena ikatan iman. Tali Allah yang mengikat kita utk bersatu dan tidak berpecah belah. (Azzek azzek joss.)


Sekalipun bukan bagian dari ODOJ, tapi anak2 PITA ini emank kece2 badai, rajin2, pantang menyerah, selalu mengerjakan PR Penjaskes, dan berbadan gagah perkakas! Mereka aktif di kegiatan2 dakwah. Kalo ada acara2 ODOJ mereka sering kali jadi motor penggerak. Maksutnya kalo narasumber perlu dijemput, nah anak2 PITA jadi tukang jemput narasumber pake motor. Atau kalau AC mati pas acara,  maka mereka jadi mesin buat ngipas2in narasumber. Kayak motor di kipas angin gitu lah. Nah itu maksutnya “motor penggerak.”


Gw bangga jadi bagian dari mereka. Mereka beragam2. Ada tukang futsal, tukang jual buku, PNS, wartawan, tukang ceramah, tukang khutbah, tukang khitbah, tukang ta’aruf gagal, dan macem2. Dengan keragaman itu kita jadi kaya.


Gw di antara mereka, ibarat anak kecil yang berdiri di antara orang2 dewasa sambil menengadah ke atas, merasa heran akan kehebatan orang2 besar. Bersama mereka, persahabatan bagai kecebong. Yang tadinya telor berubah jadi kodok bangkong. Bersama mereka, persahabatan bagai kedondong, sekalipun dalam hati sedang semrawut, tapi di luar tetap bisa mulus menampilkan keceriaan. Bersama mereka, persahabatan bagai odong-odong, bisa menghibur hati yang bersedih. Bersama mereka, persahabatan bagai kepompong, bulet lonjong. :p


Kalau gw lagi bete, atau mungkin aku sedang lelah, atau butuh bahu untuk bersandar, atau mungkin saat aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, atau tenggelam dalam lautan luka dalam, atau tersesat dan tak tahu arah jalan pulang, mereka selalu mengingatkan, ngasih nasihat inspiratif (misalnya nasihat ttg cara makan di tempat kondangan dengan efektif dan efisien), atau sekadar bertanya, misalnya “kamu dimana, dengan siapa, semalam berbuat apa” by kangen band.


Setelah kenal mereka dengan izin Allah tersebab ODOJ ini, gw berharap persahabatan ini sampe ke surga. Persis  seperti kalimat indah di bawah ini:


“PERINGATAN! Windows 7  Anda terlalu lamban! Internet Anda akan menjadi lamban dan terbatas jika Anda tidak membersihkan Windows 7. Klik OK dan ikuti petunjuk untuk melanjutkan dengan Membersihkan Windows 7  Anda!

Eh,”sorry salah copas :D


Maksud gw yang bener,

Gw bersyukur bisa kenal dan bersahabat dengan mereka. Bersahabat karena iman dan taqwa, bukan karena yang lain. Sehingga kita masuk surga bersama nanti, persis seperti firman Allah dalam al-Qur’an:


"Dan Kami cabut segala dendam di hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara, duduk berhadapan di atas dipan-dipan." {QS 15: 47}

Amiin Allahumma amin. Duhai Allah, Engkau mempertemukan kami dalam komunitas kebaikan, maka persaudarakanlah kami dalam ikatan iimaan. Jadikan kami sahabat yang senantiasa saling mengingatkan karenaMu, saling mencintai dan membenci hanya karena Engkau.

Kekalkan persahabatan kami ini dalam ketaqwaan. Aamiin.. TT

@mistersigit
Kantor yg sepi, ditemani kardus2, 16/12/2014


3 komentar:

  1. Semoga persahabatan kalian kekal, bukan cuma di dunia tapi smpai ke surga-Nya Allah. Aamiin.
    Heheh PITA...btw itu jg nama Panggilan sy. ��

    BalasHapus
  2. Semoga persahabatan kalian kekal, bukan cuma di dunia tapi smpai ke surga-Nya Allah. Aamiin.
    Heheh PITA...btw itu jg nama Panggilan sy. ��

    BalasHapus