Senin, 18 Maret 2013

Bajingan Tengik

Beberapa waktu lalu, sebetulnya dah cukup lama sih, lebih dari satu bulan yang lalu, aku nganter Dadan Check Up! Biasalah, kasian banget adik gw nyang satu ‘ntu…
Sambil nunggu ngantre, gw pergi ke cuci steam dolo, coz motor kesayangan gw nyang atu-atunya ntu nasibnye udah kagak keurus ibarat kambing banyak korengnye! Alabusset ‘ntu motor na'as banget! (kok jade betawi begene sehh??

Lokasi cuci steam itu adanya di pinggir jalan, deket pertigaan. Banyak warung2 tempat sopir2 (?) nongkrong…
Di situ ada satu pemuda dah rada tua juga sih! yang keliatan gayanya belagu banget. tiap ada temennya yang lewat bawa angkot, dia minta setoran (emang tangan kanannya si mbosnya sopir2 angkot itu kali ya….)

Coba lihat gaya jalannya, udah kayak bajingan tengik! Sebelah pundak di angkat2 sambil jalan dada dibusungin, dagu rada di angkat, muka? muka bajingan tengik. Bibir udah item bekas rokok, mata merah, rambut kusut. lagu nanya pake gaya kasar ala preman. Pokoknya kalo loe bareng gw lihat tuh orang, gw yakin kita bakal sepakat tuh orang lagaknya sengak!

Sodara, kita bukan mao ngomongin neh orang, tapi sedikit bertafakkur,
Bahwa ada terlalu banyak orang2 yang tidak tersentuh dakwah seperti mereka. Menghabiskan waktu untuk mencari uang dengan cara yang paling praktis dan terkesan tidak mau cape. Senangnya kumpul-kumpul kurang jelas. Dengan penghasilan yg tidak seberapa itu mereka masih sempet beli bir untuk mabuk! Masih sempet beli rokok berbatang-batang tiap hari.

Orang2 dengan karakter seperti ini, biasanya akan sangat bangga kalau pernah masuk penjara. Cerita membesar2kan diri di hadapan teman2 tongkrongannya: betapa hebat dirinya yang pernah di penjara. Pernah debat dengan polisi, pernah membantah polisi, berani melawan polisi kalau dia memang berada pada “posisi yang benar” (‘benar?’ jelas menurut dia). Semuanya cerita palsu! Direka2 sehebat mungkin untuk menggambarkan betapa pemberani dirinya. Jauh dalam benaknya sebetulnya masih terngiang2 kondisi dirinya yg tak berdaya dipecundangi oleh polisi di kantor Polsek. Disuruh telanjang, dilecehkan harga dirinya, tapi tak kuasa melawan.
Lepas dari penjara, kembali sombonglah dia, merasa lebih hebat dan lebih berpengalaman dalam kejahatan (aneh, kan?). Besar kepala! Keras kepala! Merasa benar sendiri! Semuanya salah kecuali dia.

Banyak orang yang memiliki karakter yang—atau dekat dengan—seperti itu, hanya saja dengan kualitas yg berbeda-beda.
Lihat anak2 sekolah itu, betapa bangganya mereka kalau sudah cerita bisa ngebut 100km//jam menantang nyawa. Betapa hebat dirinya yang mampu ngebut 80KM/jam di tikungan tajam! Betapa hebat dirinya yang sudah seperti pembalap! Betapa jagoan karena dia sudah berani merokok ini-itu pake cimenk meskipun di rumah merengek2 minta rokok!

Karakter orang2 yang sebangsa begini sulit diubah. Kelompok karakter yang begini, menjadikan ukuran kehebatan melalui hal2 yang negative: rokok, kebut2an, main cewek, penjara, ganja, pergaulan yang ga jelas!

Orang2 semacam ini juga memiliki kecenderungan untuk menyelesaikan masalah dengan emosional, kongkretnya dengan otot.

Kadang gw ga habis pikir apa yang mereka cari dengan mengedepankan emosi itu? Mengapa setiap masalah selalu diselesaikan dengan otot, dengan emosi? Seolah tidak ada ruang bagi akal sehat, seakan hati nurani bukanlah pilihan!
Selesaikanlah setiap kesalahpahaman dengan baik, dengan hati yang teduh, dengan cahaya iman. Insya Allah segala masalah pasti ada jalan keluar yang baik bukan?
180509. 22:41

0 komentar:

Posting Komentar