Kamis, 21 Maret 2013

Tuhan ingatkan aku...

Barangkali Tuhan sedang mengingatkanku agar tak menjauh lagi dari-Nya
Sebetulnya ga ada yg istimewa dari perjalanan pulang kantor kemarin,
Gw turun dari Bus AC 70 Tn. Abang-Cibinong, lalu bersegera menunaikan kewajiban gw utk sholat Maghrib di Masjid al-Hidayah, waktu Maghrib sudah di ujung waktu, seperti biasa.

Disana gw bermakmum pada jama’ah yg masih sholat, ternyata makmum yg ada di samping gw adalah Akhi Aditya Subekti, hmm… temen satu perjuangan di Skil… sudah lama sekali ga ketemu dia pasca walimahnya, asli gw kangen! sekalian pulang, gw tawarin dia menumpang di motor gw yg ada di penitipan, sepanjang perjalanan dia bercerita banyak tentang acara perkemahan pelajar Muslim yg sebentar lagi akan digelar, juga memberitahu bahwa gw menjadi bagian dari tim yg akan mengatur acara tatsqif (pengajian) buat pelajar Muslim se Gn.Putri dan Klapanunggal…(hati gw merasa minder, merasa diri gw amat rendah karena dosa2 yg udah gw lakukin, eh, lakuin..) aditya bercerita dgn semangat layaknya sahabat perjuangan yg sudah lama ga berjumpa, tentang halaqqah, tentang mukhayam, tentang mabit dan syuro Faris…. Bertemu dgn aditya dan ngobrol2 tentang dakwah adalah sapaan-Nya yg pertama malam itu…

Dia minta turun di indomart, mungkin belanja awal bulan buat kebutuhan keluarga, secara dia kan dah merit, ga kayak gw, bujang lapuk ga berharta… (mungkin ini sapaan-Nya yg kedua), sementara gw lanjutin pulang lalu minggir ke Masjid al-Muhajirin buat menunaikan sholat Isya. Ternyata disana ada akhi Budi Prastyo, temen seperjuangan gw yg lain, mantan ketua Lembaga Dakwah Kampus Universitas Pakuan. Ada apa jauh2 dari Wanaherang ke Gunungputri? Malam-malam pula. Rupanya dia mau ngisi halaqah disana… Oo.. hati gw berdesir mengingat masa2 ketika hati gw damai dalam dakwah kayak dia saat ini… (ini sapaan-Nya yg ketiga).

Selepas sholat Isya itu ada yg tidak biasa, seorang syaikh yg janggutnya amat lebat dan selalu berjubah, yg tak pernah gw lihat dia tersenyum, (dan gw maklum, barangkali dia termasuk ke dalam beberapa golongan mukmin yg berat utk senyum karena rasa takut mereka akan siksa neraka), tiba2 syaikh tersebut tersenyum ramah, seolah ingat bahwa aku adalah bagian dari dakwah ini… begitu pula seorang kakek yg sedang berdzikir, tersenyum dan bersalaman dgn gw… di masjid ini, terutama di bulan Ramadhan, gw memang termasuk jama’ah yg terbilang aktif… lagi2 karena melihat senyum mereka, hati gw berdesir… rindu pada diri gw yg dulu… (ini sapaan-Nya yg keempat)

Sambil mengantri di tempat cukur rambut selepas sholat Isya itu, gw baca koran edisi hari ini, Oo.. salahsatu headlinenya adalah berita yg amat relevan dgn kondisi gw saat ini… (ini teguran-Nya yg kelima), gw semakin sadar… bahwa gw telah melangkah terlalu jauh dari-Nya hingga gw merasa bahwa diri gw yg kotor ini tak pantas bergabung dalam barisan dakwah lagi…

Pagi tadi, dengan rambut jelek setelah dipotong di pangkas rambut semalam, sewaktu baca novel di mobil omprengan… berita dari el-Shinta FM mengejutkanku.. lagi2 relevan dgn kondisi gw sekarang… ini teguran-Nya yg kesekian yg datang beruntun sejak semalam… aneh.. seolah Tuhan sedang mengingatkanku agar tak melangkah terlalu jauh dari-Nya… agar tak jatuh dalam jurang kenistaan…

(Bagi mereka yg tak tahu kondisiku, mungkin ga akan cukup mengerti)
Jakarta, 6 Januari 2010. 14.15,

0 komentar:

Posting Komentar