Kamis, 21 Maret 2013

f i l m

Bagiku film itu bukan hanya sebatas hiburan,
Ia seperti novel, lagu cinta, lukisan, dan syair:
Menambah peka jiwa,
Mempermatang paradigma
Menambah semesta hikmah dan inspirasi dalam kehidupan

Tapi bukankah semuanya hanya karya manusia?
Ya,
Akan tetapi karya-karya itupun sejatinya lahir dari perenungan akan realitas :
perjalanan manusia dalam mengembarai alur hidupnya.
Ada cinta di sana, ada sejuta masalah,
Ada misteri,

ada luka,

setiap kali aku menikmati sastra; entah novel entah puisi,
seperti juga aku menikmati lagu cinta yang mengembara, yang suka dan luka.
demikian pula, setiap kali kutatap lekat lukisan dan fotografi,
suasananya sama: aku seperti hanyut ke alam entah dimana…
aku dapat melayang ke angkasa di ketinggiannya yang tiada bertepi,
dan menyelam ke dasar samudera di kedalamannya yang tiada bertepi,
itulah sifatku sesungguhnya…

Tuhan, jika semuanya dapat menghantarkanku pada kepekaan jiwa,
Semoga dengannya aku dapat menjadi manusia yang bijak,
Yang mampu merenungi akan hakikat hidup dan kehidupanku di alam dunia

Rabbi,
Akhirat itu tiada bertepi,

0 komentar:

Posting Komentar